Materi Ajar Senin 20 Juli 2020


Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 1 Hidup Rukun
Sub 1 Hidup Rukun di Rumah

Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat
  2. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
  3. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
  4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca.
  5. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
  6. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.


Media dan Alat Pembelajaran
  1. Gambar kerukunan keluarga di rumah
  2. Teks lagu “Peramah dan Sopan”


Materi Ajar    :
  1. Menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan dalam teks cerita tentang hidup rukun.
  2. Menirukan ungkapan pada teks percakapan.
  3. Menyatakan lambang bilangan tiga angka dengan menggunakan gambar.
  4. Membaca bilangan tiga angka sampai 999.
  5. Membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak.
  6. Menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak.




Kita semua menginginkan suasana damai di rumah. Kedamaian terjadi karena adanya kerukunan. Ayah dan ibu rukun. Kakak dan adik rukun. Semua anggota keluarga menjaga kerukunan di rumah.



Ayah dan Ibu Menyayangi
Mutiara dan Udin
Suatu hari ayah membawakan buah tangan untuk
Mutiara dan Udin.
Mutiara mendapatkan buku cerita.
Udin mendapatkan mainan.
Mutiara dan Udin berterima kasih kepada ayah dan
ibu.
Mutiara dan Udin tidak saling berebut oleh-oleh.
Ayah dan ibu bahagia melihat buah hati mereka
selalu rukun.
Buah tangan = oleh-oleh
Buah hati = anak

Bilangan Cacah merupakan bilangan yang dimulai dari angka nol dan selalu bertambah satu dengan bilangan setelahnya. Bilangan-bilangan lain yang termasuk bilangan cacah yakni 0,1,2,3,4,5....980,981,982,983,984,985,986,987,988,989, 990,991,992,993,994,995,99,997,998,999

1 kubus satuan  

Kubus satuan berjumlah

sepuluh digambarkan
menjadi satu kubus
puluhan


    Kubus puluhan berjumlah sepuluh dapat diganti dengan satu kubus ratusan.

 Kubus ratusan digambarkan dengan kubus satuan berjumlah seratus.


 OBerilah tanda      pada bagian yang dinyanyikan
pendek.
Berilah tanda ___ pada bagian yang dinyanyikan
panjang.



Tugas
















3. Kumpulkan fotomu bersama dengan orang tua yang telah diberi teks percakapan singkat mengandung ungkapan “ Buah Tangan” !


Comments

Popular posts from this blog

Dongeng Kura-Kura Membalas Budi

Pembelajaran Daring : Tematik Kelas 2 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 5 Senin 23 November 2020

BUNYI