BDR JUMAT, 23 JULI 2021 KELAS 3
Kelas
: III
Tema
: 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub
Tema : 2. Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Tujuan
Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat melakukan
wawancara tentang pertumbuhan dan perkembangan diri dari bayi hingga saat ini
dengan percaya diri; peserta didik dapat menghitung penjumlahan bilangan empat
angka tanpa menyimpan dengan tanggung jawab; peserta didik dapat
mengidentifikasi gerak kuat dan lemah pada tangan dalam suatu tari dengan
benar.
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat,
semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa
belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf
apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan
bantuan!
Haiii,… Assalamualaikum, selamat pagi anak-anak hebat kelas 3.
Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak bersama ayah/bunda di rumah.
Anak-anak, bagaimana hari raya Idul Adha kalian kemarin?
Meskipun di rumah saja, tetap menyenangkan kan melihat hewan kurban bersama
keluarga di rumah.
Anak-anak sudah siap belajar? Bagus sekali! Sekarang, klik
tautan di bawah ini ya untuk menambah pemahaman kalian tentang materi yang
sudah kalian baca sebelumnya!
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=eTX6UrOdGsE
Bagaimana anak-anak, sudah lebih memahaminya kan? Jika masih
belum paham, kalian bisa bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping
belajarmu di rumah.
Selanjutnya, lakukanlah kegitan wawancara kepada kedua orang
tua kalian mengenai pertumbuhan dan perkembangan diri sendiri dari bayi hingga
sekarang. Sebelum melakukan wawancara, anak-anak tuliskan daftar pertanyaan
yang ingin kalian tanyakan di buku tulismu, ya!
Minta tolonglah kepada anggota keluarga lain untuk memvideokan
kalian saat melakukan wawancara. Kemudian kirimkan kepada Bapak/Ibu guru ya.
Wah, hebat sekali! Kalian sudah dapat mempraktikkan cara yang
baik melakukan wawancara berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan diri
sendiri.
Pada video di kegiatan 1, anak-anak sudah mengetahui
penjumlahan tanpa menyimpan dan contoh gerakan kuat dan gerakan lemah tangan
pada saat menari.
Sekarang kita berlatih, yuk!
1. Tentukan hasil penjumlahan berikut!
a. 1.453 + 2.536
b. 2.264 + 3.524
c. 3.627 + 2.362
2. Praktikkan gerakan kuat dan lemah tangan saat menari.
Setelah berlatih, manakah gerakan yang menunjukkan gerakan kuat dan lemah dari
tangan?
Kemudian minta tolong kepada
Ayah/bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaan kalian melaui WAG.
Anak-anak hebat pembelajaran hari
ini sudah selesai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, besok kita akan belajar
lebih seru lagi Kalian klik tautan di bawah ini ya untuk membaca materi yang
akan kita pelajari besok!
Kegiatan wawancara adalah
kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh dua orang yaitu narasumber dan pewawancara.
Sebelum melakukan wawancara hal yang dilakukan adalah membuat pertanyaan dengan
menggunakan kosa kata yang dimiliki semakin banyak kosakata yang dimiliki serta
mengetahui artinya pertanyaan yang dibuat akan semakin baik. Membuat daftar
pertanyaan dan melakukan wawancara dapat memperoleh kosakata yang baru untuk
berkomunikasi baik secara lisan ataupun tulisan.
Menulis Cerita Berdasarkan Hasil
Wawancara dengan Kosakata yang Tepat
• Hasil wawancara dapat ditulis dalam bentuk cerita.
• Saat menulis cerita, gunakan kosakata yang sudah kamu ketahui artinya.
• Gunakan juga bahasa yang sederhana agar isi ceritamu mudah dipahami.
Contoh menulis cerita berdasarkan
hasil wawancara tentang perkembangan Udin
Pada saat lahir, berat badan Udin 3,5 kg dan tingginya 50 cm. Tinggi badan Udin
sekarang 125 cm dan berat badannya 35 kg. Tinggi dan berat badan Udin terus
bertambah. Itu menandakan Udin tumbuh dengan baik. Udin mulai merangkak saat
berusia 10 bulan. Pada saat berusia 12 bulan, Udin mulai belajar berjalan. Udin
tidak dapat langsung dapat berjalan dengan lancar. Udin berjalan tertatih-tatih
sambil berusaha menyeimbangkan tubuhnya. Ibu selalu mengawasi Udin saat belajar
berjalan.
Udin dapat berjalan dengan lancar pada usia 14 bulan. Saat ini Udin sudah kelas
3 SD.
Sila kedua Pancasila berbunyi
“Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” Simbol sila kedua Pancasila adalah mata
rantai yang membentuk lingkaran. Lambang ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia
sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Saling menghormati, saling
menyayangi, dan juga memperlakukan manusia lainnya dengan baik.
Menghargai Perbedaan
Perubahan tinggi dan berat badan
manusia berbeda-beda. Kekuatan manusia
juga berbeda-beda. Perubahan tinggi dan berat badan serta kekuatan adalah
contoh
pertumbuhan dan perkembangan manusia.
Pertumbuhan dan perkembangan
dipengaruhi oleh makanan, kebiasaan
olahraga, dan faktor yang diturunkan oleh orang tua.
Tuhan menciptakan berbagai macam
makhluk hidup berbeda-beda. Perbedaan
ini adalah karunia Tuhan. Kita harus saling menghargai dan menghormati
perbedaan.
Sumber : Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018) Buku Penilaian BUPENA, Jilid 3A, 2016, Jakarta : Erlangga.
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah
mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar
di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai
jumpa besok!
Comments
Post a Comment