BDR JUMAT, 23 JULI 2021 KELAS 3

 

Kelas : III

Tema : 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Sub Tema : 2. Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak video, peserta didik dapat melakukan wawancara tentang pertumbuhan dan perkembangan diri dari bayi hingga saat ini dengan percaya diri; peserta didik dapat menghitung penjumlahan bilangan empat angka tanpa menyimpan dengan tanggung jawab; peserta didik dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah pada tangan dalam suatu tari dengan benar.

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Haiii,… Assalamualaikum, selamat pagi anak-anak hebat kelas 3. Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak bersama ayah/bunda di rumah.

Anak-anak, bagaimana hari raya Idul Adha kalian kemarin? Meskipun di rumah saja, tetap menyenangkan kan melihat hewan kurban bersama keluarga di rumah.

Anak-anak sudah siap belajar? Bagus sekali! Sekarang, klik tautan di bawah ini ya untuk menambah pemahaman kalian tentang materi yang sudah kalian baca sebelumnya!

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=eTX6UrOdGsE

Bagaimana anak-anak, sudah lebih memahaminya kan? Jika masih belum paham, kalian bisa bertanya kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu di rumah.

Selanjutnya, lakukanlah kegitan wawancara kepada kedua orang tua kalian mengenai pertumbuhan dan perkembangan diri sendiri dari bayi hingga sekarang. Sebelum melakukan wawancara, anak-anak tuliskan daftar pertanyaan yang ingin kalian tanyakan di buku tulismu, ya!

Minta tolonglah kepada anggota keluarga lain untuk memvideokan kalian saat melakukan wawancara. Kemudian kirimkan kepada Bapak/Ibu guru ya.

Wah, hebat sekali! Kalian sudah dapat mempraktikkan cara yang baik melakukan wawancara berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan diri sendiri. 

Pada video di kegiatan 1, anak-anak sudah mengetahui penjumlahan tanpa menyimpan dan contoh gerakan kuat dan gerakan lemah tangan pada saat menari.

Sekarang kita berlatih, yuk!

1. Tentukan hasil penjumlahan berikut!

a. 1.453 + 2.536

b. 2.264 + 3.524

c. 3.627 + 2.362

2. Praktikkan gerakan kuat dan lemah tangan saat menari. Setelah berlatih, manakah gerakan yang menunjukkan gerakan kuat dan lemah dari tangan?

Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaan kalian melaui WAG.

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, besok kita akan belajar lebih seru lagi Kalian klik tautan di bawah ini ya untuk membaca materi yang akan kita pelajari besok!

Kegiatan wawancara adalah kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh dua orang yaitu narasumber dan pewawancara. Sebelum melakukan wawancara hal yang dilakukan adalah membuat pertanyaan dengan menggunakan kosa kata yang dimiliki semakin banyak kosakata yang dimiliki serta mengetahui artinya pertanyaan yang dibuat akan semakin baik. Membuat daftar pertanyaan dan melakukan wawancara dapat memperoleh kosakata yang baru untuk berkomunikasi baik secara lisan ataupun tulisan.

Menulis Cerita Berdasarkan Hasil Wawancara dengan Kosakata yang Tepat
• Hasil wawancara dapat ditulis dalam bentuk cerita.
• Saat menulis cerita, gunakan kosakata yang sudah kamu ketahui artinya.
• Gunakan juga bahasa yang sederhana agar isi ceritamu mudah dipahami.

Contoh menulis cerita berdasarkan hasil wawancara tentang perkembangan Udin
Pada saat lahir, berat badan Udin 3,5 kg dan tingginya 50 cm. Tinggi badan Udin sekarang 125 cm dan berat badannya 35 kg. Tinggi dan berat badan Udin terus bertambah. Itu menandakan Udin tumbuh dengan baik. Udin mulai merangkak saat berusia 10 bulan. Pada saat berusia 12 bulan, Udin mulai belajar berjalan. Udin tidak dapat langsung dapat berjalan dengan lancar. Udin berjalan tertatih-tatih sambil berusaha menyeimbangkan tubuhnya. Ibu selalu mengawasi Udin saat belajar berjalan.
Udin dapat berjalan dengan lancar pada usia 14 bulan. Saat ini Udin sudah kelas 3 SD.

Sila kedua Pancasila berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” Simbol sila kedua Pancasila adalah mata rantai yang membentuk lingkaran. Lambang ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Saling menghormati, saling menyayangi, dan juga memperlakukan manusia lainnya dengan baik.

Menghargai Perbedaan

Perubahan tinggi dan berat badan manusia berbeda-beda. Kekuatan manusia
juga berbeda-beda. Perubahan tinggi dan berat badan serta kekuatan adalah contoh
pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh makanan, kebiasaan
olahraga, dan faktor yang diturunkan oleh orang tua.

Tuhan menciptakan berbagai macam makhluk hidup berbeda-beda. Perbedaan
ini adalah karunia Tuhan. Kita harus saling menghargai dan menghormati perbedaan.

Sumber : Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018)
Buku Penilaian BUPENA, Jilid 3A, 2016, Jakarta : Erlangga.

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!


Comments

Popular posts from this blog

Dongeng Kura-Kura Membalas Budi

Pembelajaran Daring : Tematik Kelas 2 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 5 Senin 23 November 2020

BUNYI